Selasa, 21 Maret 2017

Konfigurasi Voip DiCisco Packet Tracker

Assalamualaikum wr.wb


Hai sobat kali ini saya mau sedikit posting mengenai cara konfigurasi voip dicisco.


A.Pengertian
 Voice over Internet Protocol (VOIP) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.




B.Latar belakang
 Merupakan bagian dari target saya.


C.Tujuan
 Berbagi cara bagaimana konfigurasi voip.


D.Alat dan bahan
 -Laptop
 -Aplikasi cisco

E.Waktu
 Sekitar 30 menit.

F.Pelaksanaan
 1.Silahkan anda bukak aplikasi cisco yang sudah terinstal.
 2.Kemudian siap kan topologinya.


3. Kemudian klik 2X pada IP Phone, Kemudian kita hubungkan IP_Phone_Power_Adapter.



4. Kemudian kita konfigurasi pada routernya. Dengan cara kita beri IP terlebih dahulu Routernya. Dengan cara seperti dibawah ini.


5. Kemudian setelah itu kita buat Routernya menjadi DHCP dengan cara seperti gambar.


 6. Setelah itu kita konfigurasi VOIP . Dengan cara seperti gambar  dibawah ini.



7. Kemudian setelah itu kita konfigurasi ke-3 Switchnya. Dengan cara klik 2X switch dan konfigurasi seperti gambar.




 8. Setelah itu cek apakah DHCP sudah berjalan atau belum. Jika pada IP Phone dan Analog Phone kita sudah mendapatkan nomor berarti Service VOIP dan DHCP Server kita sudah bekerja.


 9. Kemudian atur DHCP pada PC1 dan PC2.



 10. Setelah itu kita cek  analog phone apakah sudah mendapatkan IP apa belum. Jika belum maka tambahkan IP routernya karena sebagai server.


11. Kemudian cek apakah semua perangkat sudah mendapaatkan nomer atau belum. Pada PC kita cek dengan klik 2X -> Desktop -> IP Comunicator.



12. Kemudian kita cek layanan VOIP. Dengan cara Klik pada IP Phone -> klik GUI -> masukkan nomor tujuan yang ingin dihubungi. Jika sudah dapat connect maka sudah berhasil.





G.Kesimpulan
Jadi Voip merupakan teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet.

H.Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Voice_over_IP

Modul cisco packet tracker


Sekian postingan dari saya semoga bermanfaat jika ada salah kata maupun yang lain mohon dimaafkan ya ..


Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Nama saya sri handayani,saya tinggal di Dk.Dewo pucang Miliran Tulung KLaten,saya orangnya pemalu ,pendiem.saya bersekolah di SMK N 1 TULUNG,cita-cita saya pingin jadi wirausahawan.saya mempunyai hobby bermaen bulu tangkis,suka maen game juga ,suka dengerin musik juga,suka tidurt juga hehehe... :) .Dari semua itu saya mempunya impian untuk membahagiakan kedua orang tua saya dan bisa membuat ayah dan kakak saya bangga dengan apa yang saya bisa lakukan dari hal sesederhana mungkin.

Contact us

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Video of the Day

Follow us

Ads

About Me

Blogger templates

Blogroll

Advertisement

Popular Posts

Popular Posts