Selasa, 14 Maret 2017

Konfigurasi Proxy Squid DiDebian Router

Assalamualaikum wr.wb






Hai sobat selamat pagi , nah kali in saya mau sedikit berbagi cara bagaimana cara konfigurasi proxy squid didebian router langsung saja ya disimak.P..



A.Pengertian
 Squid adalah caching dan forwarding HTTP web proxy . Ia memiliki berbagai macam kegunaan, dari mempercepat sebuah web server dengan caching permintaan ulang; untuk caching web , DNS dan lainnya jaringan komputer pencarian untuk sekelompok orang berbagi sumber daya jaringan, untuk membantu keamanan dengan menyaring lalu lintas. Meskipun terutama digunakan untuk HTTP dan FTP , Squid termasuk dukungan terbatas untuk beberapa lainnya protokol termasuk TLS , SSL , Internet Gopher , dan HTTPS      Squid tidak mendukung SOCKS protokol.
Squid pada awalnya dirancang untuk berjalan sebagai daemon di Unix-seperti sistem. Sebuah Windows port dipertahankan sampai versi 2.7. Versi baru tersedia pada Windows menggunakan Cygwin lingkungan.  Squid adalah perangkat lunak bebas yang dirilis di bawah GNU General Public License .

B.Latar belakang
 Merupakan bagian dari prakerin saya .


C.Tujuan
 Berbagi kebada sobat semua mengenai cara konfigurasi proxy supaya sobat semua tahu.


D.Alat dan bahan
-Koneksi internet
-Laptop
-Pc router


E.Waktu
Sekitar 1 jam .


F.Pelaksanaan

1.Pertama kita masuk keterminal , kemudian ketkkan super usernya dan masuk sebagai root.Terus kita tuliskan perintah ''#apt-get install squid3''  untuk menginstall squid3 nya.


2.Selanjutnya kita edit file squid3 nya dengan perintah '' #nano /etc/squid.conf ''.

3.Kemudian kita tuliskan perintah ctrl+W untuk mencari "http_port 3128" .


4.Kemudian silahkan hilangkan pagar lalu tambahkan tulisan"transparent" .


5.Selanjutnya cari kata "cache_mem '' dengan perintah ctrl+W.


6.Kemudian silahkan hilangkan pagarnya.


7.Lalu cai kata "cache_mgr" dengan perintah yang sama yakni ctrl+W, jangan lupa isikan juga web masternya.


8.Lalu selanjutnya cari "visible'' dengan perintah ctrl+W .


9.Selanjutnya hilangkan pagarnya dan isikan hostname nya .


10.Kemudian silahkan cari kata "acl_connect" dengan kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini (yang diblog ijo).


11.Selanjutnya tuliskan perintah"# nano/etc/squid3/url"


12.Kemudian isikan URL yang akan diblok,seperti gambar dibawah ini.


13.Selanjutnya silahkan edit file key (kata kuncinya) yang diblok.


14.Kemudian silahkan cek filenya apakah sudah ada atau belum , jika sudah cek squidnya dengan perintah''squid-z" .


15.Silahkan di restart squid3 nya.
16.Selanjunta tambahkan perintah redirect lalu menggunakan ip tables ke dalam rc.local.Cek rc.local apa mungkin sudah sesuai atau belum ke port 80 dan ke port 3128.




17.Kemudian restart rc local, tuliskan perintah "#nano /etc/rc.local "



18.Silahkan cek ke web browser tuliskan url dan key nya yang telah diblok.




SELESAI


G.Kesimpulan
 Jadi saat kita konfigurasi proxy kita harus jeli , serta mengetahui step - step nya.

H.Referensi


Sekian dari saya semoga postingan saya ini bisa bermanfaat buat sobat semua.


Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Nama saya sri handayani,saya tinggal di Dk.Dewo pucang Miliran Tulung KLaten,saya orangnya pemalu ,pendiem.saya bersekolah di SMK N 1 TULUNG,cita-cita saya pingin jadi wirausahawan.saya mempunyai hobby bermaen bulu tangkis,suka maen game juga ,suka dengerin musik juga,suka tidurt juga hehehe... :) .Dari semua itu saya mempunya impian untuk membahagiakan kedua orang tua saya dan bisa membuat ayah dan kakak saya bangga dengan apa yang saya bisa lakukan dari hal sesederhana mungkin.

Contact us

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Video of the Day

Follow us

Ads

About Me

Blogger templates

Blogroll

Advertisement

Popular Posts

Popular Posts