Rabu, 22 Maret 2017

Cara ISP memberi Ip DHCP Pada Client Menggunakan Cisco Packet Tracker

Assalamualaikum wr.wb




Hai sobat selamat pagi , nah kali ini saya mau sedikit berbagi cara bagaimana ISP memberikan ip pada client dicisco packet tracker.
Langsung simak ya..



A.Pengertian
 ISP adalah sebuah organisasi yang menyediakan layanan untuk mengakses dan menggunakan internet ,penyedian layanan internet dapat diselenggarakan dalam berbagai bentuk.


B.Latar belakang
 Hal ini melatar belakangi mengenai target saya selama prakerin.


C.Tujuan
 Berbagi cara bagaimana memberi ip pada client menggunakan cisco packet tracker.


D.Alat dan bahan
 -Laptop
 -Koneksi internet bila diperlukan
 -Aplikasi cisco packet tracker


E.Waktu
 Saya memerlukan waktu untuk membaca serta memahami kemudian mempraktekkannya jadi wakktunya sekitar 35 menit.


F.Pelaksanaan
 1.Pertama silahkan buka aplikasi cisco yang sudah terinstall, kemudian siapkan topologi nya .


2.Selanjutnya silahkan double clik pada gambar servernya , kemudian pada port jaringan silahkan ganti 3g/4g agar bisa konek ke tower secara wirelless.Seperti gambar dibawah ini




3.Setelah itu secara otomatis server akan terhubung pada towernya.


4.Lalu kembali masuk ke server lagi ,double clik pada gambar server kemudian muncul jendela properties ,silahkan setting DHCP nya .


Kemudian pada gambar diatas silahkan anda isikan:
pool name = Server pool
Default Gateway = 0.0.0.0
 DNS Server = 10.10.10.10
Ip address = 10.10.10.10
Subnet Mask = 255.255.255.0
Maximum number of users = 2
Kemudian add seperti gamabar dibawah ini




5.Selanjutnya jika sudah selesai settingannya silahkan click  clientnya(smartphone)


6.Lalu pilih Config ,kemudian ubah wirelless silahkan ganti 3g/4g cell.



7.Kemudian selanjutnya ,silahkan masuk pada menu tab dekstop  dan ip configure.Jangan lupa ubah interface nya menjadi 3g/4g cell. Kemudian secara otomatis akan REQ ke server untuk diberi ip DHCP.


8.Kemudian coba test pada  command prompt kemudian tulisakan ping 10.10.10.10 .Jika muncul tulisakn Reflay Form maka berhasil jika sebaliknya RTO maka ada yang perlu disetting ulang.


SELESAI

G.Kesimpulan
Jadi tower berfungsi sebagai
mempublikasikan isi dari server kepada client yang terhubung kepada tower tersebut
serta sudah berhasil juga memberi ip dhcp pada client .


H.Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/Internet_service_provider

Modul cisco packet tracker


Sekian postingan dari saya semoga bermanfaat , maaf jika ada yang salah.


Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Nama saya sri handayani,saya tinggal di Dk.Dewo pucang Miliran Tulung KLaten,saya orangnya pemalu ,pendiem.saya bersekolah di SMK N 1 TULUNG,cita-cita saya pingin jadi wirausahawan.saya mempunyai hobby bermaen bulu tangkis,suka maen game juga ,suka dengerin musik juga,suka tidurt juga hehehe... :) .Dari semua itu saya mempunya impian untuk membahagiakan kedua orang tua saya dan bisa membuat ayah dan kakak saya bangga dengan apa yang saya bisa lakukan dari hal sesederhana mungkin.

Contact us

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Video of the Day

Follow us

Ads

About Me

Blogger templates

Blogroll

Advertisement

Popular Posts

Popular Posts