Kamis, 23 Maret 2017

Cara Membuat Simulasi Server DNS Pada Jaringan DiCisco Packet Tracker

Assalamualaikum wr.wb






Selamat Pagi sobat!!!
Nah langsung aja ya ,disini saya mau posting bagaimana cara membuat server dns pada jaringan di  cisco packet tracker.

A.Pengertian
 Nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.
Sistem nama domain (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain ini.


B.Latar belakang
 Merupakan bagian dari target saya.

C.Tujuan
 Berbagi cara kepada sobat semua tentang cara membuat server dns pada jaringan di cisco packet tracker.

D.Alat dan bahan
 -Laptop
 -Koneksi internet bila diperlukan
 -Aplikasi cisco packet tracker


E.Waktu
 Sekitar 25 menit.

F.Pelaksanaan
 1.Silahkan buka aplikasi cisco yang sudah terinstall, kemudian buat topologinya.


2.Kemudian sambungkan perangkat tersebut dengan kabel outomatis, jika sudah warna ijo tersambung, dan jika berwarna merah belum terhubung.


3.Kemudian konfigurasikan Ip (statik) sebagai berikut,dengan cara double clik pc dan servernya kemudian muncul jendela properties kemudian pilih tab dekstop lalu tab ip configure.
1.Pada server 0 : Ip Address: 192.168.123.1
                             Subnet Mask: 255.255.255.0
2.Pada server 1: Ip Address:192.168.123.2
                             Subnet Mask:255.255.255.0
3.Pc 1                 : Ip Address:192.123.3
                              Subnet Mask:255.255.255.0
                              DNS:192.168.123.2



Kemudian giliran Pc nya



Lakukan sampai selesai , untuj Pc 1 isikan DNS nya ,karena dalam hal dibutuhkan bantuan dari DNS server.

4.Kemudian kita balik ke server lagi, double clik server lalu pilih tab services , lalu setting HTTP kemudian ON kan HTTP nya.


5.Selanjutnya pindah ke tab config pada bagian server tadi pada menu DNS silahkan di ON kan. Dan setting name serta address nya , seperti gambar berikut.


6.Sesudah itu silahakan atur HTTP nya, dengan cara double clik  servernya lalu pilih tab services lalu setting HTTP nya seperti dibawah ini.


7.Lalu pindah ke tab dekstop , kemudian pilih  web browser.


Hasil dari Web Browser Menuju HTTP Server pada Domain skansalung.com 


SELESAI


G.Kesimpulan
 Resolving nama domain menjadi ip address memanfaatkan protokol DNS.Host yang menjalankan servis DNS dinamakan Server DNS.


H.Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Nama_domain
MODUL CISCO PACKET TRACKER .



Sekian postingan saya semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Nama saya sri handayani,saya tinggal di Dk.Dewo pucang Miliran Tulung KLaten,saya orangnya pemalu ,pendiem.saya bersekolah di SMK N 1 TULUNG,cita-cita saya pingin jadi wirausahawan.saya mempunyai hobby bermaen bulu tangkis,suka maen game juga ,suka dengerin musik juga,suka tidurt juga hehehe... :) .Dari semua itu saya mempunya impian untuk membahagiakan kedua orang tua saya dan bisa membuat ayah dan kakak saya bangga dengan apa yang saya bisa lakukan dari hal sesederhana mungkin.

Contact us

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Video of the Day

Follow us

Ads

About Me

Blogger templates

Blogroll

Advertisement

Popular Posts

Popular Posts