Senin, 13 Maret 2017

Cara Membuat Wifi Di Cisco Packet Tracer

Assalamualaikum wr.wb


Hai sobat selamat pagi menjelang siang, langsung saja kali ini saya mau posting sedikit cara bagaimana cara membuat wifi di cisco packet tracer.


A.Pengertian
    Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

  Wi-Fi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Wi-Fi Alliance mendefinisikan Wi-Fi sebagai "produk jaringan wilayah lokal nirkabel (WLAN) apapun yang didasarkan pada standar Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).


B.Latar belakang
 Karena cara ini berbeda dengan cara membuat wifi yang lain.


C.Tujuan
Agar kita semua bisa membuat wifi dicisco packet tracer.


D.Alat dan bahan
-Laptop
-Aplikasi cisco packet tracer


E.Waktu
Sekitar 20 menit.


F.Pelaksanaan
 1.Pertama kita masuk ke aplikasi cisco packet tracer yang sudah terinstal,lalu disini saya mempersiapkan 4 Pc dan 1 Accest Point.


2.Selanjutnya kita tambahkan WLAN card pada setiap Pc ,caranya dengan cara klik 2x pada gambar Pc ,kemudian pada tabel pysical pilih bagian WMP300N  r seperti gambar dibawah ini

Kemudian cara memasang yaitu, klik tombol Zoom out, lalu matikan dahulu dengan mengklik bagian power pada PC, setelah itu tekan dan geser gambar perangkat tambahan ke bagian kosong di PC dan lepaskan, maka WLAN Card akan terpasang.
3. Nyalakan kembali PC dengan mengklik kembali bagian power pada PC.
4. Lakukan hal yang sama pada device komputer yang lainnya.
5. Setting IP adress masing-masing komputer, saya beri contoh dengan IP adress di bawah ini :
PCA > 192.168.1.20
PCB > 192.168.1.21
 
 
6.Selanjutnya cek  sambungkan jaringan wirelless tersebut dengan cara melakukan ping di command prompt seperti gambar dibawah ini.
~Contoh:
Disini saya akan mencoba dari Pc A ke Pc B
 
 SAMBUNGAN BERHASIL!!!

 
G.Kesimpulan
 Jadi jika pada saat kita mencoba ping dari command prompt kemudian muncul tulisan" Replay from''  maka berhasil, jika sebaliknya jika muncul tulisan RTO maka settingan perlu ada yang diteliti lagi.


H.Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi

 https://id.wikipedia.org/wiki/Packet_Tracer

Sekian postingan dari saya semoga bermanfaat , ada yang salah maaf :).


Wassalamualaikum wr.b

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Nama saya sri handayani,saya tinggal di Dk.Dewo pucang Miliran Tulung KLaten,saya orangnya pemalu ,pendiem.saya bersekolah di SMK N 1 TULUNG,cita-cita saya pingin jadi wirausahawan.saya mempunyai hobby bermaen bulu tangkis,suka maen game juga ,suka dengerin musik juga,suka tidurt juga hehehe... :) .Dari semua itu saya mempunya impian untuk membahagiakan kedua orang tua saya dan bisa membuat ayah dan kakak saya bangga dengan apa yang saya bisa lakukan dari hal sesederhana mungkin.

Contact us

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Video of the Day

Follow us

Ads

About Me

Blogger templates

Blogroll

Advertisement

Popular Posts

Popular Posts