Selasa, 07 Maret 2017

Cara Menginstall Voip Di Server

Assalamualaikum wr.wb








Hai sobat selamat pagi menjelang siang, nah langsung saja ya simak postingan saya berikut ini.


A.Pengertian
    Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang mampu mengirimkan data suara, video dan data yang berbentuk paket secara realtime dengan jaringan yang menggunakan Internet Protocol (IP) .


B.Latar belakang
 Merupakan kegiatan keseharian saya dalam prakerin.


C.Tujuan
 Berbagi cara bagaimana menginstall Voip di server.


D.Alat dan bahan
-PC Server
- Koneksi internet
-Laptop


E.Waktu
Sekitar 20-30 menit


F.Pelaksanaan
1.Pertama persiapkan packet file asterisk , jika belum ada silahkan dowload dulu. Jika sudah ada langsung saja diinstall dengan perintah #apt-get install asterisk .

2.Jika sudah terinstall selanjutnya konfigurasi asterisk, lalu ada 2 file yang perlu di edit untuk menambah user baru dan layanan VOIP ,dengan perintah # nano/etc/asterisk/sip.conf .


3.Selanjutnya pada bagian bawah konfigurasikan dengan isikan perintah-perintah berikut:
 [general]
port = 5060
bindaddr = 0.0.0.0
context = others

[1011133]
type=friend
context=myphones
secret=4321
host=dynamic

[1011134]
type=friend
context=myphones
secret=4321
host=dynamic


Lalu  silahkan tambahkan perintah seperti dibawah ini:
exten => 1011134,1.Dial (SIP/1011134)
exten=>1011135,1.Dial (SIP/1011135)
exten=>1011136,1.Dial (SIP/1011136)
exten=>1011137,1.Dial (SIP/1011137)

4.Kemudian restart asterisk dengan perintah # /etc/init.d/asterisk restart .
 

5.Selanjutnya kita membutuhkan aplikasi Zoiper untuk menelfon,berbicara serta vidio.silahkan dowload aplikasinya (FREE).

6.Selanjutnya ganti nama folder dari hasil unzip an tadi, lalu buka terminal kemudian anda masuk sebagi root lalu pinda ke derectory Zoiper berada kemudian
indah ke directory tempat hasil extract-nya tadi -> Setelah itu install aplikasi Zoiper tadi dengan perintah " ./Zoiper_3.3_Linux_Free_64Bit.run" .


7.Berikutnya akan muncul gambar seperti dibawah ini , lalu pilih " Forward" .

 8.Kemudian pilih "I accept the agreement" lalu pilih "Forward" .


9.Silahkan langsung saja pilih "Forward" .


10.Kemudian pilih tempat Zoiper yang akan dinstall , kemudian pilih "Forward" .

11.Lalu muncul gambar dibawah ini , silahkan tunggu proses installasi sampai selesai.

12.FINISH

13.Selanjutnya pilih yes untuk masuk ke Zoiper.


14.Lalu silahkan bikin kontak dengan cara setting>creat a new account.


15.Selanjutnya pilih SIP>NEXT.


16.Keudian silahkan masukkan nomor yang diisi waktu konfigurasi tadi @ ip address server lalu masukkan password nya =scret waktu konfgurasi tadi kemudian klik NEXT .


17.Akan muncul gambar seperti dibawah ini , pilih NEXT.


18.Kemudian tuliskan nomor jika ingin menelfon lalu pilih call, seperti gambar dibawah ini.


19.Lalu muncul gambar seperti gambar dibawah ini lalu pilih "answer" .




20.Maka jika percobaan panggilan anda berhasil maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.


G.Kesimpulan
  Voip ini merupakan alat seperti telepon / smartphon yang bisa digunakan untuk menelfon,vidio.


H.Referensi
E-book Tkj


Sekian postingan dari saya semoga bermanfaat ya



Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Nama saya sri handayani,saya tinggal di Dk.Dewo pucang Miliran Tulung KLaten,saya orangnya pemalu ,pendiem.saya bersekolah di SMK N 1 TULUNG,cita-cita saya pingin jadi wirausahawan.saya mempunyai hobby bermaen bulu tangkis,suka maen game juga ,suka dengerin musik juga,suka tidurt juga hehehe... :) .Dari semua itu saya mempunya impian untuk membahagiakan kedua orang tua saya dan bisa membuat ayah dan kakak saya bangga dengan apa yang saya bisa lakukan dari hal sesederhana mungkin.

Contact us

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Video of the Day

Follow us

Ads

About Me

Blogger templates

Blogroll

Advertisement

Popular Posts

Popular Posts