Selasa, 14 Maret 2017

Cara Membuat VLAN Dicisco Packet Tracer

Assalamualaikum wr.wb


A.Pengertian

Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

Trunking Vlan adalah antarmuka Ethernet dapat dikonfigurasi baik sebagai port akses atau trunk port. Batang membawa lalu lintas dari beberapa VLAN melalui link tunggal dan memungkinkan Anda untuk memperluas VLAN di seluruh jaringan.


B.Latar belakang
 Terdapat topologi yang sangat rumpit yang terhubung dengan kabel-kabel yang rumit dalam satu tempat.


C.Tujuan
 Berbagi cara membuat VLAN dicisco kepada sobat semua.


D.Alat dan bahan
-Pc
-Cisco Packet Tracer
-Koneksi internet jika sibutuhkan


E.Waktu
 35 menit.


F.Pelaksanaan
 1.Pertama silahkan buka aplikasi cisco packet tracer nya
kemudian buat topologinya.

2.Kemudian topologi diatas belum disambungkan dengan kabel , silahkan sambungkan dengan kabel.

nah pada gambar diatas masih ada lampu yang berwarna merah belum berubah menjadi hijau kita perlu menkonfigurasikannya.

3.Kemudian beri nama di tiap " vlannya di masing" switch
kita mulai dari swicth 1

lalu swicth ke 2

 kemudian swicth ke 3



4. Kemudian aktifkan VLANnya  Kita memulai dari yang ke 1 samapai yang ke3.




5.Selanjutnya sesuai di topologi kita menggunakan 4 pc sebagai client yang akan berkomunikasi, namun sebelum berkomunikasi, setiap pc tidak akan bisa melakukan hal tersebut sebelum setiap pc diberi alamat ip nya masing - masing.


 mulai dari Pc 1




 Lalu Pc 0

 Kemudian PC 2

 
 Terakhir pc 3



Setelah semua perangkat kita beri alamat ip, Waktunya kita test ping sebagai tanda apakah konfigurasi kita sudah berhasil atau belumnya


Kita coba tes PING di tiap vlan yang sama. Contohnya vlan 20 ping ke kesesama vlan 20. contoh seperti gambar dibawah ini:



Sama halnya dengan contoh diatas, juga berlaku untuk vlan 10. Coba tes ping kesesama vlan 10. Jika berhasil maka notifnya akan timbul seperti gambar dibawah ini:




SELESAI



G.Kesimpulan
 Perangkat tersebut bisa digunakan tidak jauh dari fungsi pengoptimalan perangkat yang tersedia atau terbatas .


H.Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Packet_Tracer
http://203.130.243.185/data/eBook-CISCO/MODUL%20CISCO%20IDN.pdf


Sekian postingan dari saya semoga bermanfaat , jika ada yang salah mohon dimaafkan ya..


Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Nama saya sri handayani,saya tinggal di Dk.Dewo pucang Miliran Tulung KLaten,saya orangnya pemalu ,pendiem.saya bersekolah di SMK N 1 TULUNG,cita-cita saya pingin jadi wirausahawan.saya mempunyai hobby bermaen bulu tangkis,suka maen game juga ,suka dengerin musik juga,suka tidurt juga hehehe... :) .Dari semua itu saya mempunya impian untuk membahagiakan kedua orang tua saya dan bisa membuat ayah dan kakak saya bangga dengan apa yang saya bisa lakukan dari hal sesederhana mungkin.

Contact us

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Video of the Day

Follow us

Ads

About Me

Blogger templates

Blogroll

Advertisement

Popular Posts

Popular Posts