Kamis, 23 Maret 2017

Cara Membuat Jaringan WAN Di Cisco Packet Tracker

Assalamualaikum wr.wb


Hai,selamat siang sobat
Nah kali ini saya mau sedikit berbagi informasi cara membuat jaringan WAN di cisco packet tracker,langsung saja ya...



A.Pengertian
 Jaringan area luas (bahasa Inggris: Wide Area Network; WAN ) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.


B.Latar belakang
 Merupakan bagian dari target saya.



C.Tujuan
 Berbagi cara bagaimana cara membuat jaringan WAN di cisco packet tracker kepada sobat semua.



D.Alat dan bahan
 Laptop
 Aplikasi cisco packet tracker
Koneksi internet jika diperlukan


E.Waktu
 Sekitar 30 menit.


F.Pelaksanaan

1.Pertama kita buka aplikasi cisconya yang sudah terinstall,lalu buat topologinya.


2.Kemudian silahkan perangkat pada topologi tersebut anda hubungkan menggunakan kabel otomatis, jika pada saat menghubungkan sudah ada lampu ijonya maka sudah terhubung dan jika ada lampu merah maka tandanya belum terhubung perlu ada konfigurasi/disetting.


3.Kemudian double clik pada rauter0 , kemudian pilih tab menu CLI dan lakukan konfigurasi seperti gambar berikut.


4.Kemudian lakukan konfigurasi sekali lagi,seperti gambar berikut.


5.Setalah selesai mengkonfigurasikan routernya , maka semua lampu pada topologi berwarna ijo.


6.Lalu silahakan double clik pada server Tulung ,kemudian pilih tab service


7.Lalu pindah ke tab dekstop pilih ip configure .Kemudian isikan Ip Address,Subnet Mask dan Default Gateway .



8.Kemudian silahkan double clik pada Pc lalu buka tab dekstop pilih command propmt ,silahkan coba ping .Dengan menuliskan ping 192.168.2.2 

SELESAI

G.Kesimpulan
 Jadi kita sudah melakukan membuat jaringan wan menggunakan cisco packet tracker ,jaringan wan berfungsi untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.


H.Referensi
-Modul cisco packet tracker

https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_area_luas 


Sekian postingan dari saya semoga permanfaat ya,jika ada yang salah mohon maaf  :)


 Wassalamualaikum wr.wb

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Nama saya sri handayani,saya tinggal di Dk.Dewo pucang Miliran Tulung KLaten,saya orangnya pemalu ,pendiem.saya bersekolah di SMK N 1 TULUNG,cita-cita saya pingin jadi wirausahawan.saya mempunyai hobby bermaen bulu tangkis,suka maen game juga ,suka dengerin musik juga,suka tidurt juga hehehe... :) .Dari semua itu saya mempunya impian untuk membahagiakan kedua orang tua saya dan bisa membuat ayah dan kakak saya bangga dengan apa yang saya bisa lakukan dari hal sesederhana mungkin.

Contact us

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Video of the Day

Follow us

Ads

About Me

Blogger templates

Blogroll

Advertisement

Popular Posts

Popular Posts