Kamis, 09 Maret 2017

DHCP Server di Debian Router

Assalamualaikum wr.wb












Hai selamat siang sobat semua, nah kali ini saya mau sedikit membagikan informasi ,langsung saja ya disimak..




A.Pengertian
 DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah Protocol jaringan standart yang digunakan di internet protocol (IP) jaringan.DHCP dikendalikan oleh server DHCP yang secara dinamis mendistribusikan parameter konfigurasi jaringan .


B.Latar belakang
 Dengan adanya kita membuat dhcp server didebian ,maka client dapat mendapatkan ip serta koneksi .


C.Tujuan
 Supaya kita semua dapat membuat dhcp diserver.


D.Alat dan bahan
 -Server
 -Pc
-Kabel UTP


E.Waktu
Sekitar 23 menit.



F.Pelaksanaan

1.Kita masuk sebagai super user lalu masuk sebagai root, kemudian kita lanjutnya menginstall dengan perintah #apt-get intsall isc dhcp-server .



 2.Selanjutnya tuliskan perintah #nano /etc/default/isc-dhcp-server.


3.Kemudian akan muncul gambar seperti gambar dibawah ini ,lalu tambahkan INTERFACE="eth2"(yang akan disetting) .


4.Berikutnya mengkonfikurasikan file dhcp dengan perintah #nano/etc/dhcp/dhcp.conf .


5.SElanjutnya ketikkan perintah ctrl+w kemudian cari sli, tambahkan script dibawah A seperti gambar dibawah ini.


6.Kemudian selanjutnya kita restart dengan perintah #service isc-dhcp-server start  .


7.Berikutnya silahkan periksa apakah dhcp sudah berjalan atau tidak dengan menuliskan perintah #servie isc-dhcp-server status .


SELESAI

 G.Kesimpulan
 Jadi  kita melakukan konfigurasi dhcp server didebian maka client akan  mendapatkan ip serta koneksi dari wirelles maupun dari switch dengan kabel.


H.Referensi


Sekian postingan dari saya semoga bermanfaat buat sobat semua



Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Nama saya sri handayani,saya tinggal di Dk.Dewo pucang Miliran Tulung KLaten,saya orangnya pemalu ,pendiem.saya bersekolah di SMK N 1 TULUNG,cita-cita saya pingin jadi wirausahawan.saya mempunyai hobby bermaen bulu tangkis,suka maen game juga ,suka dengerin musik juga,suka tidurt juga hehehe... :) .Dari semua itu saya mempunya impian untuk membahagiakan kedua orang tua saya dan bisa membuat ayah dan kakak saya bangga dengan apa yang saya bisa lakukan dari hal sesederhana mungkin.

Contact us

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Video of the Day

Follow us

Ads

About Me

Blogger templates

Blogroll

Advertisement

Popular Posts

Popular Posts