Senin, 16 Januari 2017

Konfigurasi Dasar Mikrotik Pada Linux Mint 18

Assalamualaikum

Hai teman-teman jumpa lagi dengan saya , disini saya mau postig tentang cara konfigurasi mikrotik.

 KONFIGURASI DASAR MIKROTIK (RB941 2nD)

A.Pengertian

Mikrotik adalah sebuah sistem operasi termasuk di dalamnya perangkat lunak yang dipasang pada suatu komputer sehingga komputer tersebut dapat berperan sebagai jantung network, pengendali atau pengatur lalu-lintas data antar jaringan, komputer jenis ini dikenal dengan nama router.


B.Latar belakang
supaya teman-teman bisa mengkonfigurasikan mikrotik.


C.Tujuan
Agar kita bisa mengkonfigurasikan mikrotik


D. Alat dan Bahan

  • Laptop
  • Aplikasi Winbox
  • Kabel UTP (Straight Cable)
  • MikroTik RB941 2nD
  E.Waktu Pengerjaan
     15-20 menit

F. Cara:
  1. Masuk ke Network, kemudian pilih edit connection, Kemudian pilih Add
  2.  Kemudian pilih Ethernet, lalu Create
  3.  Kemudian pada Connection name, ganti nama sesuai keinginan. Pada Device klik tanda panah bawah, lalu pilih.
  4.  Kemudian pada tab IPv4 Settings, Method pilih yang manual. Lalu pada Addresses isikan alamat IP, Contoh : Adress= 192.168.88.3 , Netmask= 24 , Gateway= 192.168.88.1(ini merupakan Ip default dari Routernya, bisa dilihat pada kotaknya). Kemudian pilih Save
  5. Apabila sudah selesai akan seperti ini kemudian Close.
  6.  Kemudian masuk ke Winbox, lalu Connect.
  7. Pilih menu Interfaces, kemudian pada masing-masing ether diberi comment, seperti pada gambar
  8. Selanjutnya pilih IP > Adresses, lalu tambah. Kemudian isi, contoh : ether1= 10.11.123.120/24 , ether2= 10.10.10.1/24
  9. Lalu IP > DNS, kemudian isikan IP servernya. Pada kotak Allow Remote Request silahkan di centang
  10. Lalu IP > Routes ditambah, lalu isikan Gateway anda, misal 10.11.123.254
  11. Kemudian IP > Firewall, pilih sub-menu NAT lalu ditambah, kemudian action : masquerade , chain : scrnat , Out.Interface : ether1
  12. Kemudian IP > DHCP Server, lalu pilih DHCP Setup. Intrterfaces : ether2
  13. Selesai
G.Kesimpulan:
Sebenarnya kalau kita rajin membaca buku sebagai referensi kita pasti mudah untuk kita mengkonfigurasimikrotik.

H.Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/MikroTik
    e-book TKJ : Konfigurasi Dasar Mikrotik


Itu dulu ya teman-teman postingan dari saya semoga bermanfaat buat kalian.


Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Nama saya sri handayani,saya tinggal di Dk.Dewo pucang Miliran Tulung KLaten,saya orangnya pemalu ,pendiem.saya bersekolah di SMK N 1 TULUNG,cita-cita saya pingin jadi wirausahawan.saya mempunyai hobby bermaen bulu tangkis,suka maen game juga ,suka dengerin musik juga,suka tidurt juga hehehe... :) .Dari semua itu saya mempunya impian untuk membahagiakan kedua orang tua saya dan bisa membuat ayah dan kakak saya bangga dengan apa yang saya bisa lakukan dari hal sesederhana mungkin.

Contact us

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Video of the Day

Follow us

Ads

About Me

Blogger templates

Blogroll

Advertisement

Popular Posts

Popular Posts